Sunday, June 10, 2012

studi kelayakan bisnis 1

Studi kelayakan bisnis merupakan suatu konsep yang di kembangkan dari konsep manajemen keuangan,terutama di tunjukan dalam rangka mencari atau menemukan inovasi baru dalam perusahaan.Studi kelayakan bisnis  dapat dijadikan bahan informasi yang berguna untuk membuat keputusan investasi.sedangkan pengertian dari keputusan investasi itu sendiri adalah suatu keputusan untuk melaksanakan suatu usaha baru atau pengembangan usaha lama yang hasilnya tidak dapat dirasakan langsung saat keputusan investasi dibuat,tetapi hasilnya baru dapat dirasakan di masa yang akan datang. Dasar pemikiran ini yang membuat kenapa studi kelayakan bisnis itu perlu dibuat  secara hati-hati  dan harus dilakukan dengan konsep yang benar serta dikerjakan oleh orang yang ahli dan dapat dipercaya.
Studi kelayakan bisnis juga secara tidak langsung akan mempunyai keterkaitan dengan kepentingan masyarakat dan pemerintah. pemerintah perlu menggunakan studi kelayakan bisnis terutama untuk melihat dampak dari adanya usaha tersebut bagi kehidupan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat yang berhubungan dengan penyerapan tenaga kerja,pertumbuhan ekonomi,dan penerimaan pajak baik yang berasal dari pajak tambah nilai dari produk yang dihasilkan dari usaha tersebut ataupun  pajak penghasilan. Konsep dari studi kelayakan bisnis ini adalah alat yang secara sadar di rancang untuk merealisasikan temuan-temuan atau usaha-usaha baru dan pengembangan dari usaha yang telah ada secara obyektif.
Tujuan yang ingin dicapai dari konsep tersebut jika di rumuskan secara eksplisit terbagi menjadi beberapa bagian, terdapat beberapa pihak yang berkepentingan,yaitu :
1.     Bagi pihak investor : studi kelayakan bisnis ditunjukan untuk melakukan penilaian dari kelayakan usaha atau proyek untuk menjadi masukan yang berguna sehingga dapat di jadikan dasar bagi investor untuk membuat keputusan investasi secara lebih obyektif
2.     Bagi analisis : studi kelayakan bisnis di gunakan untuk penunjang kelancaran tugas-tugasnya dalam melakukan penilaian usaha yang telah ada ataupun usaha baru dan melakukan pengembangan suatu usaha.
3.     Bagi masyarakat : menjadikan studi kelayakan bisnis sebagai peluang untuk meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian rakyat.
4.     Bagi pemerintah : bertujuan untuk pengembangan sumber daya baik dalam pemanfaatan sumber daya alam maupun sumber daya manusia.
Agar studi kelayakan bisnis ini dapat mencapai sasaran dari beberapa pihak,tentu saja harus memenuhi beberapa persyaratan sebagai berikut :
1.     Studi harus dilakukan dengan teliti
2.     Studi harus dilakukan dengan dukungan data yang lengkap
3.     Studi harus dilakukan dengan Jujur
4.     Studi harus dilakukan dengan Obyektif
5.     Studi harus dilakukan dengan adil
6.     Studi harus dapat diuji ulang agar tidak terdapat kesalahan

A.Metode-metode untuk mempelajari studi kelayakan bisnis
          Setiap orang yang ingin mempelajari studi kelayakan bisnis sekurang-kurangnya harus melalui beberapa tahapan seperti berikut :
1.     Membaca konsep dengan benar
2.     Mempraktekan konsep
3.     Lebih menambah wawasan mengenai konsep dari studi kelayakan bisnis

B.Tahapan kegiatan studi kelayakan bisnis
pelaksanaan studi kelayakan bisnis dapat berjalan dengan baik jika seseorang melaksanakan beberapa kegiatan yang dilakukan pada setiap tahapan secara beruntun sampai studi tersebut selesai.tahapan-tahapan kegiatan yang harus dilaksanakan itu adalah sebagai berikut :
1.     Kegiatan menemukan ide/gagasan usaha
  1.                         Melalui bacaan
  2.                         Melalui survei
  3.                         Melalui pengalaman kerja

2.     Mempertimbangkan alternatif usaha
Artinya keputusan yang dibuat memang sudah di perhitungkan dengan dukungan data yang cukup dan benar dengan cara membandingkan masing-masing alternatif yang ditinjau dari segi modal,tenaga kerja,pengalaman,kemudahan,teknologi,bahan baku,kemungkinan produk/jasa,teknik pembuatan produk/jasa,mudah di pasarkan dan tidak bertentangan dengan kebijakan pemerintah.

3.     Tahap analisis data
  1.                          Analisis pasar  : untuk menentukan besarnya penerimaan dan biaya yang di butuhkan untuk memasarkan produk.
  2.                                     Analisis teknis dan manajemen : di tunjukkan untuk menentukan mesin dan sumber daya yang di perlukan untuk memproduksi barang/jasa sesuai rencana.
  3.                                    Analisis lingkungan : untuk memastikan dampak negative/positive yang akan terjadi jika produksi atau usaha yang di rencanakan telah terlaksana.
  4.                                  Analisis finansial : buruknya hasil analisis financial sangat tergantung pada tahap-tahap sebelumnya.

C.Kriteria penilaian
Kriteria yang di gunakan untuk menganalisis kegiatan yang dilakukan pada setiap tahapan studi kelayakan bisnis dikelompokkan menjadi dua bagian,kedua kriteria diuraikan sebagai berikut :
1.     kriteria berdasarkan skor pembobotan
kriteria ini dilakukan dengan cara membuat rangking terlebih dahulu dari setiap item atau unsur yang di anggap penting.

2.     kriteria berdasarkan pendekatan matematika
Artinya keputusan yang di buat semata-mata berdasarkan pada apa yang dihasilkan dari perhitungan yang dibuat oleh pelaku dengan menggunakan suatu standar yang telah di tentukan.

D.Identifikasi ide/gagasan usaha
          Guna melakukan identifikasi ide/gagasan usaha dengan baik,seseorang diharuskan untuk melakukan beberapa hal penting seperti berikut :
1. Melakukan survei atau pengamatan langsung ke lokasi
2. Menghimpun seluruh pengalaman mengenai usaha yang pernah di tekuni sebelumnya
3. Membaca,mendengar atau melakukan diskusi mengenai usaha khusus yang sedang diminati saat ini

E.Metode menggali gagasan
          Metode yang umum digunakan untuk menggali atau menjaring gagasan itu diantaranya adalah :
1. inovasi teknologi : metode ini adalah suatu cara untuk menggali ide dengan cara melakukan pencarian terobosan atau temuan,perbaikan dari teknologi yang ada,sehingga semakin hari semakin banyak ragamnya.
2. pencarian langsung(direct search)
Penjaringan ide atau gagasan dapat juga dilakukan dengan cara mencari langsung melalui suatu riset yang telah di rancang dengan tujuan untuk menemukan produk atau usaha baru.cara seperti ini umumnya dapat di kategorikan menjadi dua kategori yaitu :
                               I.    Riset aplikasi : pelaku secara aktif mencari produk-produk baru yang telah dikomersialkan di pasar kemudian diambil dan diteliti untuk dicarikan cara-cara melakukan adopsi dengan berbagai modifikasi sehingga kelihatan produk baru yang lain atau berbeda dari produk yang sudah ada sebelumnya.
                            II.    Riset dasar(basic research) : riset yang bertujuan  melakukan penelitian untuk menemukan produk baru sama sekali dan belum pernah ada di dunia saat ini.
                         III.      Analisis pemakai akhir : metode ini dilakukan dengan cara mengamati pemakai akhir dari suatu produk.
                        IV.    Metode kreatif : metode ini dilakukan dengan menggali segala sesuatu dari diri perilaku,kreativitas yang sangat menentukan gagasan usaha yang akan muncul.
                           V.            Aliansi,akuisisi dan lisensi : ide/gagasan ini akan cepat mendatangkan hasil dan tingkat resiko gagal kecil,walaupun harus diakui tingkat margin laba kecil jika dibandingkan dengan usaha yang dirintis sendiri.

F.Teknik penjaringan ide/gagasan
          Guna mendapatkan pilihan ide/gagasan usaha yang baik dan memiliki nilai ekonomis yang tinggi maka perlu dilakukan teknik penjaringan berikut :
·        Daftarkan alternative ide/gagasan yang muncul
·        Tentukan rangking atau bobotnya
·        Hitung total skor yaitu rangking x bobot
·        Pilihan didasarkan pada total skor tertinggi

G.Kaitan antara gagasan dan alternative usaha
          Langkah berikut setelah alternative ide/gagasan usaha itu ditemukan adalah perlu mempertimbangkan alternative jenis usaha,guna memudahkan pilihan maka setiap kemungkinan ini seharusnya dianalisis secara cermat sehingga didapatkan hasil yang tepat,ukurannya adalah ditentukan oleh adanya kemudahan,ketersediaan modal,ketentuan peraturan pemerintah,ketersediaan bahan baku,dukungan masyarakat,besarnya nilai harapan dan lain-lain.

H.Pengujian ide/gagasan usaha dari sisi pemasaran
          Tahap berikutnya jika pilihan usaha sudah dapat ditentukan maka kegiatan studi akan diteruskan untuk menentukan apakah usaha yang akan dilaksanakan itu layak dari sisi pemasaran.proses-proses pengumpulan data dan pengolahannya menjadi informasi pemasaran yang penting merupakan suatu cara yang baik untuk bahan pertimbangan bagi pelaku studi untuk memutuskan apakah pasar dari pilihan usaha tersebut betul-betul layak dan keputusan yang dibuat bukan didasari atas pertimbangan subyektif tetapi selalu didukung oleh data atau fakta yang benar dan dapat dipertanggung jawabkan secara logika bisnis.

I.Market base data
          Market base data adalah kumpulan data lengkap yang menyangkut berbagai aspek penting tentang pemasaran dari industry,dimana pilihan usaha akan bergerak.market base data adalah sesuatu yang amat penting dalam mempertimbangkan pasar dari rencana produksi/jasa yang akan dihasilkan oleh pilihan usaha yang telah ditetapkan.market base data ini akan sangat membantu untuk memperkirakan apakah produk atau jasa yang akan dihasilkan oleh pilihan usaha itu akan dapat melakukan penetrasi pasar dan berpeluang untuk dapat mencapai target yang telah ditetapkan.

J.Analisis permintaan
          Analisis permintaan dilakukan untuk mengetahui secara riil berapa besar kebutuhan produk/jasa dalam industry dan jika besar permintaan sudah dapat diperkiraan maka selanjutnya adalah menetapkan besarnya perkiraan permintaan riil dari pasar akan produk/jasa yang akan dihasilkan ini.
Factor yang dapat mempengaruhi permintaan
·        Pertambahan penduduk
·        Peningkatan pendapatan
·        Perkembangan mode
·        Penurunan tingkat harga
·        Turunnya pendapatan
·        Naiknya harga barang subsitusi
·        Turunnya harga barang komplementer

K.Analisis suplai
          Suplai dapat dikatakan sebagai kumpulan dari seluruh produk barang/jasa yang dihasilkan oleh individu atau badan yang sudah siap di pasarkan atau didistribusikan dari pusat-pusat penghasil produk/jasa ke pasar.analisis suplai bertujuan untuk mengetahui berapa besar total seluruh suplai produk /jasa yang ada di industry yang bersangkutan dan membuat perkiraan apakah masih ada peluang untuk masuk ke pasar pada industry yang bersangkutan disatu sisi dan sisi lain ingin mengetahui kekuatan dari pesaing yang ada di pasar.

L.Identifikasi kendala pemasaran
          Identifikasi kendala pemasaran yang ada ataupun yang mungkin muncul pada lingkungan dari produk/jasa yang dihasilkan dari pilihan usaha adalah suatu proses kegiatan yang sangat penting,karena dengan ditemukan kendala-kendala yang ada maka dapat dilakukan penilaian.
Kendala-kendala yang umum muncul dalam massalah pemasaran suatu produk/jasa antara lain :
·        Keterbatasan modal
·        Keterbelakangan teknologi
·        Kelangkaan bahab baku dan bahan baku pengganti
·        Lamanya masa kontruksi
·        Keterlambatan informasi
·        Struktur pasar
·        Tuntutan skala produksi
·        Elastisitas harga terhadap penawaran rendah
·        Kendala penyimpanan
·        Kendala birokrasi,peraturan dan lingkungan

M.Analisis pemasaran
          Menganalisis pemasaran secara komprehensif dengan tujuan untuk merinci pemasaran secara lebih jelas dimulai dari memahami dan mengerti betul-betul prospek pemasaran,kondisi industry dari produk/jasa yang akan di pasarkan nantinya,menganalisis pesaing dan mengkategorikannya dalam urutan tingkat penguasaan pasar yang telah mereka lakukan saat ini.

N.Identifikasi pelanggan prospektif
          Terdapat lima cara untuk mengenal sifat orang-orang yang membentuk pasar sasaran,yaitu :
·        Factor demografi : menyangkut umur,jenis kelamin,tingkat pendapatan,pekerjaan,kebangsaan,tingkat pendidikan,dll.jenis informassi ini sudah dicatat secara rapi oleh biro statistic(bps)
·        Factor geografi : pelanggan dapat digambarkan melaui tempat tinggal mereka.
·        Factor psikografi : factor ini berhubungan dengan gaya hidup masyarakat.
·        Factor manfaat : pelanggan membeli barang/jasa dengan alas an yang berbeda-beda
·        Factor guna : factor ini lebih identik dengan pelanggan barang atau jasa.
Pelaku studi dapat belajar dari hasil analisis pemakaian ini untuk menentukan tingkat keloyalan pembeli dan membuatnya menjadi klasifikasi berikut :
·        Tingkat loyalitas rendah
·        Tingkat loyalitas menengah
·        Tingkat loyalitas tinggi

O.Analisis persaingan
          Melakukan analisis lengkap dari usaha yang menawarkan jenis produk/jasa didaerah geografis yang sedang dipertimbangkan.tujuannya adalah untuk mengetahui berapa banyak usaha serupa yang ada di pasar,apa yang mereka tawarkan,dan dimana lokasinya.

P.Strategi pemasaran
          Menentukan kekuatan dan kelemahan usaha yang ada.identifikasi pasar sasaran adalah menentukan bauran pemasaran.bauran pemasaran adalah merupakan cerminan cara untuk menciptakan dan mempertahankan pelanggan demi mendapat laba.

Q.Strategi produk/jasa
          Pengembangan produk/jasa dimulai dengan mengidentifikasi produk/jasa yang ditawarkan.klasifikasi produk/jasa adalah sebagai berikut :
·        Produk/jasa istimewa(special goods) : jenis usaha ini sering kali harus membuat perusahaan untuk menyesuaikan penawaran produk/jasa untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang potensial.
·        Produk belanjaan(shooping goods) : sejumlah produk/jasa dianggap produk belanjaan oleh segmen pasar tertentu.
·        Produk/jasa kebutuuhan sehari-hari :  pertimbangan pelanggan pada pembelian barang kebutuhan sehari-hari umumnya kurang memperhatikan merek,ukuran, atau bahkan harga tertentu.
·        Produk impuls : produk atau jasa yang dibeli karena terdorong oleh hasrat hati pelanggan yang datanya kadang-kadang diluar dugaan mereka.

Strategi harga
Strategi harga umumnya tergantung pada factor-faktor berikut ini :
·        Harga harus dapat mencerminkan  pasar sasaran
·        Sifat dan luas persaingan
·        Kekuatan dari lokasi
·        Struktur harga
·        Jenis produk/jasa yang ditawarkan
Pendekatan dalam penentuan harga adalah sebagai berikut :
·        Pendekatan standar penaikan harga : metode ini tidak mempertimbangkan keunikan alamiah dari pasar atau persaingan tetapi lebih menekankan pada biaya daripada kondisi pasar.
·        Pendekatan menandingi pasar : pada pendekatan ini jika mempunyai keuntungan yang kompetitif,perusahaan harus sanggup memberikan harga yang lebih tinggi.
·        Pendekatan penetrasi pasar terhadap harga : strategi ini dipakai jika pasar sasaran sensitive terhadap harga.
·        Pendekatan skimming terhadap harga : pada pendekatan ini menunjukan bahwa pelanggan masih mencari suatu produk/jasa usaha,maka perusahaan akan membei kesempatan untuk menetapkan harga yang lebih tinggi.
Strategi promosi
Penentuan sasaran promosi ini sangat penting,pertama karena tidak semua usaha dapat memenuhi semua keinginan orang dan tidak semua perusahaan mempunyai dana tak terbatas untuk keperluan promosi,maka itu promosi harus diarahkan ke pasar sasaran.
Srategi distribusi
Distribusi fisik mewakili cara usaha menyediakan produk/jasa kepada pelanggannya.


Rencana pemasaran
Rencana pemasaran biasanya dibuat setelah tahapan analisis pasar dan penetrapan strategi pemasaran diputuskan.
Rangkuman eksekutif
Rangkuman eksekutif itu berisikan ringkasan mengenai sasaran utama dan rekomendasi yang terdapat di dalam isi rencana tersebut.

R.Anggaran dan perkiraan biaya penjualan
          Langkah terakhir adalah menyusun anggaran penjualan dan anggaran biaya penjualan guna mendapatkan besarnya nilai penjualan dan biaya-biaya yang akan dikeluarkan untuk merealisasi penjualan tersebut.
Proses penyusunan anggaran ini dimulai :
·        Membuat perkiraan penjualan
·        Menetapkan atau memutuskan harga jual untuk masing-masing produk/jasa
·        Menentukan daerah geografis
·        Menentukan anggaran biaya penjualan
Anggaran penjualan
Anggaran penjualan dapat dibuat dalam tiga pendekatan,yaitu :
·        Pendekatan subyektif : anggaran penjualan dibuat atas kesanggupan menjual dari para salesman.
·        Berdasarkan hasil analisis pasar ; menggunakan fungsi permintaan .
·        Menggunakan data historis : data pencapaian dari penjualan beberapa tahun yang lalu.
S.Analisis teknis dan manajemen
          Analisis teknis dan manajemen merupakan kegiatan lanjut yang harus dilakukan dalam tahapan studi kelayakan usaha.analisis ini bertujuan untuk memastikan bahwa ide/gagasan yang telah dipilih itu layak,sehingga dapat menghasilkan produk yang berkualitas dan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan di pasar sasaran.
Tahap-tahap pemilihan lokasi
Tiga tahap yang harus dilalui jika suatu lokasi akan  dipilih sebagai lokasi usaha,yaitu :
·        Melihat kemungkinan daerah mana yang akan dijadikan  lokasi
·        Memperhatikan pengalaman dari usaha orang lain atau pengalaman sendiri
·        Mempertimbangkan dan menilai dampak social,ataupun dukunggan dari masyarakat disekitar lokasi
Metode penilaian lokasi
·        Metode penilaian hasil(values) : dilakukan dengan melakukan penilaian terhadap semua factor yang dianggap penting dalam penentuan lokasi dan diberikan bobot penilaian.
·        Metode perbandingan biaya : dilakukan dengan cara menentukan besar kecilnya perkiraan biaya pada alternative pilihan lokasi
·        Metode analisis ekonomi : metode ini mempertimbangkan hasil analisis biaya ditambah dengan factor yang relevan.




semoga bermanfaat

Saturday, June 9, 2012

Piala Eropa 2012 : [ Hasil Pertandingan Group A ] Polandia vs Yunani dan Rusia vs Ceko



POLANDIA vs YUNANI : 1 - 1



Polandia bermain imbang 1-1 saat melawan Yunani di laga perdana Piala Eropa 2012. Sang pencetak gol, Robert Lewandowski, menyatakan timnya masih optimistis menatap dua laga sisa.

Lewandowski sempat membuat pendukung tim 'Bialo-Czerwoni' yang hadir di National Stadium, Warsawa, Sabtu (8/6/2012) malam WIB, bersorak berkat gol yang ia cetak dimenit ke-17.


Keunggulan tim tuan rumah sirna sebab Yunani menyamakan kedudukan lewat kaki Dimitrios Salpingidis di menit ke-51.

Usai laga ini, Polandia sudah ditunggu dua laga berat lainnya di Grup A. Mereka akan melawan dua tim yang di atas kertas dianggap lebih kuat, Rusia dan Republik Ceko.


Menatap dua laga sisa Grup A itu, Lewandowski menyatakan jika timnya masih berpeluang untuk memetik kemenangan. Syaratnya, mereka harus bisa tampil baik seperti babak pertama kala menghadapi Yunani.


"Kami masih tetap dalam perlombaan. Saya berharap jika kami bermain seperti yang kami lakukan di babak pertama, kami bisa memenangi dua pertandingan berikutnya," jelas penyerang asal klub Borussia Dortmund itu kepada Reuters.


Polandia akan melakoni laga kedua melawan Republik Ceko pada Selasa (12/6) mendatang. Lima hari setelahnya, giliran Rusia yang akan dijajal oleh Jakub Błaszczykowski dkk.






RUSIA - CEKO 4-1


Rusia sukses mencetak empat gol untuk membukukan kemenangan 4-1 atas Republik Ceko. Meski demikian, Dick Advocaat menilai seharusnya Rusia bisa mencetak gol lebih banyak.


Di laga Grup A yang dimainkan di Municipal Stadium, Wroclaw, Sabtu (9/6/2012) dinihari WIB, Rusia menciptakan empat gol di laga pertamanya di Piala Eropa 2012. Empat gol Rusia diciptakan oleh Roman Shirokov, Roman Pavlyuchenko, dan dua gol dari Alan Dzagoev.

Advocaat mengaku senang dengan hasil yang diraih oleh Andrey Arshavin dkk. Meski demikian, ia menilai seharusnya Rusia bisa menambah gol lagi mengingat banyaknya peluang yang mereka miliki.

Dicatat Soccernet, sepanjang 90 menit pertandingan Rusia melepaskan 17 tembakan yang tujuh di antaranya mengawah ke gawang.

"Kami sangat senang, kami mencetak empat gol dan dalam pertandingan internasional itu adalah hasil yang sangat bagus. Kami bisa saja mencetak gol lebih banyak, faktanya seharusnya kami mencetak lebih banyak karena kami menciptakan banyak peluang," ucap pelatih asal Belanda itu seperti dikutip
 Sky Sports.

"Di kedudukan 2-1, kami menyulitkan diri kami sendiri jadi kami harus lebih baik karena mungkin tim yang lebih baik akan membobol gawang kami lebih banyak."

"Itu bisa saja jadi 2-2, ada saat di mana kami harus lebih tajam. Di titik tertentu mereka punya banyak ruang dan sangat berbahaya. Tapi ini adalah laga pertama kami dan kami sangat senang dengan hasilnya," tutupnya.







semoga bermanfaat 





Friday, June 8, 2012

7 website yang paling menakutkan di dunia



Mungkinkah ada situs atau website yang menakutkan ?
Kalau benar ada, siapa pengunjungnya ya ?
Kalau anda penasaran, silahkan kunjungi beberapa situs berikut !
Konon kabarnya, website tersebut ada yang seram, ada yang berhantu dan ada juga yang menjijikkan. saya sendiri sudah membuktikannya dan benar benar menguji nyali kita. Bagi anda yang sudah mengunjunginya, mohon beri komentar dan bagikan pengalaman anda.

Ini dia ke 7 website tersebut :


Situs ini cukup dingin bagi mereka pemburu hantu di luar sana. Situs ini memberikan gambar hantu yang dikenal. Di sana, orang-orang yang nyata mengirim pesan tentang setiap pertemuan hantu yang bahkan Anda dapat memecahkan.

2. Rotten
Situs ini adalah manusia busuk! Jika Anda ingin merasakan menggigil pada tulang belakang Anda, maka situs ini perlu anda kunjungi. Ini memberi Anda semua informasi tentang peristiwa busuk yang terjadi di seluruh dunia! Salah satu acara tersebut adalah belatung pada daging manusia.

Situs ini akan menarik bagi Anda jika Anda ingin mengetahui tempat berhantu! Katanya situs menyediakan web-cam agar anda dapat melihat tempat yang dikabarkan sebagai tempat berhantu.Hal ini juga membantu jika Anda seorang pemburu hantu amatir yang tidak memiliki peralatan yang tepat untuk menangkap hantu.

Website ini diklaim sebagai tempat yang paling berhantu di web. Situs ini juga memiliki Cams-hantu dan barang menakutkan lainnya seperti Werewolves dan UFO. Jangan ragu untuk berkeliaran di sekitar situs ini jika anda tidak takut.

Seperti namanya mengatakan, itu adalah tentang "the Sci-fi channel series Ghost hunters". Ini memberikan Anda dengan cakupan penuh dari episode, forum, pandangan skeptis, review dan artikel. Jadi jika Anda ingin mengetahui beberapa penampakan hantu yang benar, situs ini adalah yang tepat bagi anda.

Kunjungi situs ini jika Anda benar-benar seorang ahli dalam hantu dan demons.It cukup lucu meskipun ada animasi yang cukup menakutkan.

Ingin mendapatkan berita terbaru tentang hantu di seluruh dunia. Di sini, Anda bisa mendapatkan breaking news terbaru, hanya tentang hantu diseluruh dunia, tdak ada yang lain. Jadi orang yang mencari penampakan hantu terbaru silahkan berkunjung ke sana!







semoga bermanfaat 






Kata Bijak dari ir.Soekarno



siapa yang tidak kenal dengan ir.soekarno? seorang pelopor proklamator yang ada di indonesia, dia Ir. Soekarno Lahir tanggal 6 juni 1901, surabaya, Ir. Soekarno adalah proklamator dan presiden pertama RI (1945-1967), ia lebih dikenal dengan panggilan "Bung Karno". Ia juga dikenal sebagai penggali pancasila yg kemudian menjadi dasar negara RI, ia menyandang 26 gelar doktor kehormatan dari berbagai universitas diseluruh dunia. Mula-mula bung karno menuntut ilmu disekolah desa, inlandsche school (tulung agung) > setelah itu ia masuk Europese lagere school (mojokerto) > kemudian ia diterima di Hogere Burger School (surabaya) > juni 1921 ia melanjutkan ke Technische Hogere school (bandung), setelah ia menyelesaikan kuliahnya (1926) ia terjun sepenuhnya dalam dunia politik. Karena dinilai sebagai tokoh berbahaya oleh gubernur jendral De Jonge, bung karno ditangkap dan dibuang ke Ende, Flores > dipindahkan lagi ke Bengkulu > dipindahkan lagi ke Padang > kemudian dibawa tentara jepang ke Jawa. Dalam sidang BPUPKI (1 Juni 1945), bung karno mengajukan lima konsep dasar negara, setelah mengalami beberapa perubahan kemudian ke lima konsep tersebut dikenal dengan nama PANCASILA.





kata bijak dari ir.soekarno:



"Kami menggoyangkan langit, menggempakan darat, dan menggelorakan samudera agar tidak jadi bangsa yang hidup hanya dari 2 sen sehari. Dan Kami Bangsa yang kerja keras, bukan bangsa tempe, bukan bangsa kuli.Dan kami bukan Bangsa yang rela menderita demi pembelian cita-cita."








semoga bermanfaat 



Thursday, June 7, 2012

Studi kelayakan Proyek

Studi kelayakan Proyek adalah penelitian  tentang dapat tidaknya  suatu proyek (biasanya merupakan proyek investasi)dapat dilaksanakan dengan berhasil. Pengertian keberhasilan ini mungkin bisa ditafsirkan agak berbeda-beda.  Ada yang menafsirkan dalam artian yang lebih terbatas, ada juga  yang mengartikan dalam artian yang lebih luas. Artian yang lebih terbatas, terutama dipergunakan oleh pihak swasta yang lebih berminat tentang manfaat ekonomis suatu investasi.

Pengertian menguntungkan bisa dalam arti yang lebih relatif.  Mungkin dipertimbangkan berbagai faktor  seperti manfaat bagi masyarakat luas yang bisa berwujud penyerapan tenaga kerja, pemanfaatan sumber daya yang melimpah di tempat tersebut, dan sebagainya. Bisa juga dikaitkan denagn misalnya, penghematan devisa ataupun penambahan devisa yang diperlukan oleh pemerintah.

Pada umumnya suatu studi kelayakan proyek akan menyangkut tiga aspek, yaitu :

  1. Manfaat ekonomis proyek tersebut bagi proyek itu sendiri (sering juga disebut sebagai manfaat finansial). Yang berarti apakah proyek itu dipandang cukup menguntungkan apabila dibandingkan dengan risiko proyek tersebut.
  2.  Manfaat ekonomis proyek tersebut bagi Negara tempat proyek itu di laksanakan (sering juga disebut sebagai manfaat ekonomi nasional ). Yang menunjukkan manfaat proyek tersebut bagi ekonomi makro bagi Negara.
  3. Manfaat sosial proyek tersebut bagi masyarakat sekitar proyek tersebut ini merupakan studi yang relatif paling sulit untuk dilakukan.
Pentingnya Investasi

Banyak manfaat yang bisa diperoleh dari kegiatan investasi. Diantaranya adalah penyerapan tenaga kerja, peningkatan output yang dihasilkan, penghematan devisa ataupun penambahan devisa, dan lain sebagainya.Yang jelas, kalau kegiatan investasi meningkat, maka kegiatan ekonomi pun ikut terpacu pula.
Disini kita menggunakan pengertian proyek investasi sebagai suatu rencana untuk menginvestasikan sumber-sumber daya yang bisa dinilai secara cukup independen. Proyek tersebut bisa merupakan proyek raksasa, bisa juga proyek kecil.

Tujuan Dilakukan Studi Kelayakan

Banyak sebab yang mengakibatkan suatu proyek ternyata kemudian menjadi tidak menguntungkan (gagal). Sebab itu bisa berwujud karena kesalahan perencanaan, kesalahan dalam menaksir pasar yang tersedia, kesalahan dalam memperkirakan teknologi yang tepat dipakai, kesalahan dalam memperkirakan kontinyuitas bahan baku, kesalahan dalam memperkirakan kebutuhan tenaga kerja dengan tersedianya tenaga kerja yang ada. Sebab yang lain bisa karena pelaksanaan proyek yang tidak terkendalikan, akibatnya pelaksanaan proyek menjadi “membengkak”, penyelesaian menjadi tertunda-tunda dan sebagainya.
Dengan ringkas kita bisa mengatakan, bahwa tujuan dilakukannya studi kelayakan adalah untuk menghindari keterlanjuran penanaman modal yang terlalu besar untuk kegiatan yang ternyata tidak menguntungkan. Tentu saja studi kelayakan ini akan memakan biaya, tetapi biaya tersebut relatif kecil apabila dibandingkan dengan risiko kegagalan suatu proyek yang menyangkut investasi dalam jumlah besar.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam studi kelayakan proyek adalah

a)      Ruang lingkup kegiatan proyek
Dijelaskan /ditentukan bidang-bidang proyek apa yang beroperasi, contoh pendirian pabrik tekstil, maka apakah textil yang terpadu atau hanya tahapan tertentu saja.
b)      Cara kegiatan proyek itu dilaksanakan
Ditentukan apakah akan ditangani sendiri ataukah diserahkan pada(beberapa)pihak lain
c)      Evaluasi terhadap aspek-aspek yang mentukan keberhasilan seluruh proyek
Diidentifikasikan  faktot-faktor kunci keberhasilan usaha
d)      Sarana yang diperlukan oleh proyek
e)      Hasil kegiatan proyek tersebut, serta biaya yang ditangung untuk memperoleh hasil tersebut
f)        Akibat-akibat yang bermanfaat maupuntidak dari adanya progam proyek tersebut
g)      Langkah –langkah rencana untuk mendirikan proyek, beserta jadwal kegiatan tersebut sampai proyek investasi siap berjalan

Perbedaan Intensitas studi Kelayakan

Tidak setiap proyek akan diteliti dengan tingkat intensitas yang sama, beberapa proyek mungkin diteliti dengan sangat mendalam, mencakup berbagai aspek yang terpengaruh. Beberapa proyek mungkin hanya diteliti terhadap beberapa aspek saja.
Beberapa faktor yang mempengaruhi intensitas studi kelayakan
  1. besarnya dana yang ditanamkan
umumnya semakin besar jumlah dana yang ditanam kan, maka semakin mendalam studi yang perlu dilakukan sebagai misal proyek kilang minyak di cilacap akan diteliti lebih luas termasuk dampak sosial ekonomi.
  1. tingkat ketidakpastian proyek
semakin sulit kita memperkirakan penghasilan penjualan, biaya, aliran kas dan lain lain, semakin berhati-hati kita dalam melakukan studi kelayakan
  1. kompleksitas elemen-elemen yang mempengaruhi proyek
setiap proyek dipengaruhi dan mempengaruhi faktor-faktor lainnya, contoh membuat mobil listrik akan dipengaruhi tinggi rendahnya harga minyak. Sebaliknya proyek tesebut mempengaruhi usaha untuk mempengaruhi usaha menemukan material yang bisa dipakai untuk menyimpan listrik yang lebih tahan lama.

Lembaga-lembaga yang memerlukan studi kelayakan

  1. investor
 pihak yang menanamkan dana mereka dalam suatu proyek (sebagai pemilik nantinya , atau pemegang saham)akan lebih memperhatikan prospek usaha tersebut. Prospek adalah tingkat keuntungan yang diharapkan akan diperoleh dari investasi tersebut beserta resikonya.
  1. Kreditur/bank
Para kreditur akan lebih memperhatikan segi keamanan dana yang dipinjamkan
  1. pemerintah
pemerintah berkepentingan dengan manfaat proyek tersebut bagi perekonomian Nasional. Apakah proyek tersebut membantu menghemat devisa, atau memperluas kesempatan kerja.







semoga bermanfaat 



Friday, June 1, 2012

Diagram PERT


Pagi tadi di salah satu ruangan di kampus tempat aku menuntul ilmu ( AKATEL Purwokerto ) aku duduk diantara puluhan mahasiswa lainnya. Selembar kertas di depan kami pagi tadi membuat mata kami tak mampu tertuju pada objek lain di sekitar kami. Deretan angka dan huruf yang kami baca itu membentuk soal soal yang harus kami kerjakan. Hemm.. entak mengapa, sebelum saya pulang ke pekalongan nanti malam, saya jadi ingin memposting tentang diagram PERT yang sempat memutar otak kami tadi pagi. Semoga bermanfaat.

PERT adalah suatu alat manajemen proyek yang digunakan untuk melakukan penjadwalan, mengatur dan mengkoordinasi bagian-bagian pekerjaan yang ada didalam suatu proyek. PERT yang memiliki kepanjangan Program Evalution Review Technique adalah suatu metodologi yang dikembangkan oleh Angkatan Laut Amerika Serikat pada tahun 1950 untuk mengatur program misil. Sedangkan terdapat metodologi yang sama pada waktu bersamaan yang dikembangkan oleh sektor swasta yang dinamakan CPM atau Critical Path Method.

Metodologi PERT divisualisasikan dengan suatu grafik atau bagan yang melambangkan ilustrasi dari sebuah proyek. Diagram jaringan ini terdiri dari beberapa titik (nodes) yang merepresentasikan kejadian (event) atau suatu titik tempuh (milestone). Titik-titik tersebut dihubungkan oleh suatu vektor (garis yang memiliki arah) yang merepresentasikan suatu pekerjaan (task) dalam sebuah proyek. Arah dari vektor atau garis menunjukan suatu urutan pekerjaan.


Gambar 1. Analogi diagram PERT
Dari gambar 1 dapat diamati bahwa setiap arah panah akan menunjukan suatu urutan pengerjaan. Seperti pekerjaan 1 dilakukan terlebih dahulu (start), kemudian bisa dilanjutkan oleh pekerjaan 2, 3, 4, setelah itu pekerjaan 5,6. Titik 7 adalah titik finish dimana pekerjaan terakhir dilakukan dan merupakan akhir dari sebuah proyek. Selain menunjukkan suatu urutan pengerjaan diagram PERT juga menunjukan suatu keterikatan antar pekerjaan yang tidak dapat dipisahkan. Keterikatan itu dapat dilihat dengan contoh pekerjaan 2, 3, 4 hanya dapat dilakukan jika pekerjaan 1 sudah selesai dilakukan.

Sebuah pekerjaan yang dapat dilakukan bersamaan dengan pekerjaan lain disebut juga sebagai pekerjaan pararel (pararel task atau concurrent task). Selain itu terdapat juga sebuah aktivitas yang diwakili oleh garis putus-putus yang disebut dengan dummy activities. Dari sebuah diagram PERT dapat digunakan untuk mengetahui suatu urutan aktivitas kritis atau aktivitas yang harus dilakukan sebagai prioritas utama (criticalpath), penjadwalan dengan aktivitas lain, dan jumlah pekerja yang dibutuhkan.

LANGKAH-LANGKAH DALAM MELAKUKAN PERENCANAAN DENGAN PERT
Dalam melakukan perencanaan dengan PERT dibutuhkan beberapa langkah, yaitu:
1. Mengidentifikasi aktivitas (activity) dan titik tempuhnya (milestone).
Sebuah aktivitas adalah pekerjaan yang dibutuhkan untuk menyelesaikan sebuah proyek. Titik tempuh (milestone) adalah penanda kejadian pada awal dan akhir satu atau lebih aktivitas. Untuk mengidentifikasi aktivitas dan titik tempuh dapat menggunakan suatu tabel agar lebih mudah dalam memahami dan menambahkan informasi lain seperti urutan dan durasi.
2. Menetapkan urutan pengerjaan dari aktivitas-aktivitas yang telah direncanakan.
Langkah ini bisa dilakukan bersamaan dengan identifikasi aktivitas. Dalam menentukan urutan pengerjaan bisa diperlukan analisa yang lebih dalam untuk setiap pekerjaan.
3. Membuat suatu diagram jaringan (network diagram).
Setelah mendapatkan urutan pengerjaan suatu pekerjaan maka suatu diagram dapat dibuat. Diagram akan menunjukan pekerjaan-pekerjaan yang harus dilakukan berurutan(serial) atau secara bersamaan (pararell). Pada diagram PERT biasanya suatu pekerjaan dilambangkan dengan simbol lingkaran dan titik tempuh dilambangkan dengan simbol panah.
4. Memperkirakan waktu yang dibutuhkan untuk setiap aktivitas.
Dalam menentukan waktu dapat menggunakan satuan unit waktu yang sesuai misal jam, hari, minggu, bulan, dan tahun.
5. Menetapkan suatu jalur kritis (critical path).
Suatu jalur kritis bisa didapatkan dengan menambah waktu suatu aktivitas pada tiap urutan pekerjaan dan menetapkan jalur terpanjang pada tiap proyek. Biasanya sebuah jalur kritis terdiri dari pekerjaan-pekerjaan yang tidak bisa ditunda waktu pengerjaannya. Dalam setiap urutan pekerjaan terdapat suatu penanda waktu yang dapat membantu dalam menetapkan jalur kritis, yaitu :
ES – Early Start
EF – Early Finish
LS – Latest Start
LF – Latest Finish
Dengan menggunakan empat komponen penanda waktu tersebut bisa didapatkan suatu jalur kritis sesuai dengan diagram.
6. Melakukan pembaharuan diagram PERT sesuai dengan kemajuan proyek.
Sesuai dengan berjalannya proyek dalam waktu nyata. Waktu perencanaan sesuai dengan diagram PERT dapat diperbaiki sesuai dengan waktu nyata. Sebuah diagram PERT mungkin bisa digunakan untuk merefleksikan situasi baru yang belum pernah diketahui sebelumnya.

KARAKTERISTIK PERT
Dari langkah-langkah penjelasan metode PERT maka bisa dilihat suatu karakteristik dasar PERT, yaitu sebuah jalur kritis. Dengan diketahuinya jalur kritis ini maka suatu proyek dalam jangka waktu penyelesaian yang lama dapat diminimalisasi.
Ciri-ciri jalur kritis adalah:
Jalur yang biasanya memakan waktu terpanjang dalam suatu proses.
Jalur yang tidak memiliki tenggang waktu antara selesainya suatu tahap kegiatan dengan mulainya suatu tahap kegiatan berikutnya.
Tidak adanya tenggang waktu tersebut yang merupakan sifat kritis dari jalur kritis.

KARAKTERISTIK PROYEK
Kegiatannya dibatasi oleh waktu; sifatnya sementara, diketahui kapan mulai dan berakhirnya.
Dibatasi oleh biaya.
Dibatasi oleh kualitas.
Biasanya tidak berulang-ulang.

MANFAAT PERT
1. Mengetahui ketergantungan dan keterhubungan tiap pekerjaan dalam suatu proyek.
2. Dapat mengetahui implikasi dan waktu jika terjadi keterlambatan suatu pekerjaan.
3. Dapat mengetahui kemungkinan untuk mencari jalur alternatif lain yang lebih baik untuk kelancaran proyek.
4. Dapat mengetahui kemungkinan percepatan dari salah satu atau beberapa jalur kegiatan.
5. Dapat mengetahui batas waktu penyelesaian proyek.





semoga bermanfaat




Tuesday, May 29, 2012

ANDROID


Android LogoTahukah kamu ponsel–ponsel android yang ada dipasaran memiliki ciri khas dari masing – masing produsen. Misalnya saja penggunaan layar sentuh pada kebanyakan ponsel bersistem operasi android sebagai tampilan display dan juga kontrol kerja ponsel. Ciri lain yang cukup menarik adalah tampilan antarmuka (user interface/ UI), aplikasi android, dan fitur bawaan yang menyertainya.
Kekhasan yang ditampilkan ponsel android ini tidak terbatas pada ponsel dengan harga menengah sampai sangat mahal tetapi tetap akan kamu jumpai di ponsel android dengan harga murah.
Kami akan mencoba memberikan informasi seputar dan tentang ciri-ciri khas dan yang umum pada ponsel–ponsel berbasis android berikut ini, check it out
HP Android
Ponsel Samsung Berbasis Android Platform
  • Layar
Umumnya layar ponsel android menggunakan layar sentuh dengan kontrol interface sentuh yang memiliki ukuran layar mulai dari 2,8 inchi. Jenis layar yang digunakan ada yang berjenis resistif dan kapasitif. Dengan tambahan teknologi Gorilla Glass ataupun Dragon Trail untuk mengurangi kekhawatiran pengguna akan goresan pada ponselnya.
  • Tampilan antarmuka
Dalam hal ini masing – masing produsen memberikan kemampuan terbaiknya. Sebut saja HTC yang terkenal dengan sense UI, Samsung yang memberikan TouchWiz UI, maupun Sony dengan Timescape UI. Bagianhomescreen dapat dibagi lebih dari satu jendela geser. Homescreen tersebut juga bisa ditambah dengan shortcutaplikasi dan widget.
  • Kamera
Saat ini kamera sangatlah wajib dimiliki ponsel karena di sinilah salah satu nilai kebanggaan tersendiri. Resolusi yang ditawarkan masing – masing produsen pun berbeda tiap serinya. Hasil bidikan foto dan video pada ponsel android dapat langsung diunggah ke layanan berbasis web dan jejaring sosial.
  • Fitur
Dibagian ini ponsel android diberikan kekayaan yang luar biasa, khususnya bagian konektivitas seperti Wi-Fi, 3G hingga 4G, Bluetooth dan NFC. Fasilitas GPS untuk navigasi, kamera resolusi tinggi, dukungan memori eksternal kapasitas besar menjadi kelebihan standar yang diberikan masing – masing produsen.
  • Aplikasi berbasis web
Android dipenuhi dengan beragam aplikasi berbasis web yang tidak membutuhkan ruang simpan besar. Layanan – layanan berbasis internet seperti e-mail, social network maupun layanan cloud computing sangatlah mudah diakses dari ponsel android ini. Anda pun dapat menginstall jutaan aplikasi android gratis yang disediakan oleh para pengembang aplikasi Android melalui Google Play (Android Market) seperti Pixlr -O-Matic, Instagram, ataupun Opera Mini yang terbaru.
Dan menurut Wikipedia  Android adalah sistem operasi yang berbasis Linux untuk telepon seluler seperti telepon pintar dan komputer tablet. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia.



semoga bermanfaat