Toko Batik Pesona Raya
Disusun oleh :
Jl.
D.I. Panjaitan no 128 purwokerto
2012
I.
KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis penjatkan kehadirat Alloh SWT, yang atas
rahmat-Nya maka penulis dapat menyelesaikan penyusunan Analisa Kelayakan Bisnis
yang berjudul “Toko Batik Pesona Raya”.
Penulisan Analisa Kelayakan Bisnis adalah semata mata merupakan
salah satu tugas dari mata kuliah Manajemen Bisnis di Akademi Telekomunikasi
Purwokerto dan bukan di peruntukkan untuk perusahaan atau instansi manapun.
Dalam Penulisan Analisa Kelayakan Bisnis ini penulis merasa masih
banyak kekurangan-kekurangan baik pada teknis penulisan maupun materi,
mengingat akan kemampuan yang dimiliki penulis. Untuk itu kritik dan saran dari
semua pihak sangat penulis harapkan demi penyempurnaan pembuatan Analisa
Kelayakan Bisnis ini.
Dalam penulisan Analisa Kelayakan Bisnis ini penulis menyampaikan
ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada pihak-pihak yang membantu dalam
menyelesaikan penelitian ini, khususnya kepada :
- Bapak Irwan Susanto, ST., M.M. selaku Dosen Mata kuliah
Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan yang telah meluangkan waktu, tenaga dan
pkiran dalam pelaksanaan bimbingan, pengarahan, dorongan dalam rangka
penyelesaian penyusunan Analisa Kelayakan Bisnis ini
- Rekan-rekan semua di Akademi Telekomunikasi Purwokerto
- Secara khusus penulis menyampaikan terima kasih kepada
keluarga tercinta yang telah memberikan dorongan dan bantuan serta
pengertian yang besar kepada penulis, baik selama mengikuti perkuliahan
maupun dalam menyelesaikan Analisa Kelayakan Bisnis ini
- Semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu,
yang telah memberikan bantuan dalam penulisan Analisa Kelayakan Bisnis
ini.
Akhirnya penulis berharap semoga Allah memberikan imbalan yang
setimpal pada mereka yang telah memberikan bantuan, dan dapat menjadikan semua
bantuan ini sebagai ibadah, Amiin Yaa Robbal ‘Alamiin.
A. PENDAHULUAN
Saya
memilih untuk mendirikan toko batik karena Batik merupakan ekspresi budaya yang
memiliki makna simbolis yang unik dan nilai estetika yang tinggi bagi
masyarakat Indonesia. Keunikan yang indah itu merupakan salah satu pembentuk
karakter bangsa Indonesia yang membedakan kita dengan bangsa lain sehingga
dapat menjadi identitas dan jati diri bangsa. Dengan adanya identitas dan jati
diri yang melekat pada bangsa Indonesia, kita akan semakin percaya diri untuk
berdiri tegak diantara bangsa-bangsa lain di dunia. Apalagi ketika Unesco telah
menetapkan batik menjadi warisan budaya tak benda bagi kemanusiaan pada tanggal
2 Oktober 2009 lalu, membuat saya semakin semangat untuk melestarikannya. Batik
juga memegang peran yang penting dalam perekonomian Indonesia sebagai salah
satu penopang kekuatan ekonomi rakyat. Industri batik telah menyerap tenaga
kerja yang sangat besar, dari proses pembuatannya hingga pemasarannya. Bahkan
di era globalisasi sekarang ini, di dalam negeri batik memiliki pangsa pasar yang
besar. Kreativitas pembatik dalam menciptakan pola, desain dan fungsi batik
telah mampu bersaing dalam pasar nasional maupun global.
Dengan
demikian dengan saya mendirikan toko Batik Pesona Raya ini saya berharap mampu
untuk melestarikan kebudayaan Indonesia yang telah diakui oleh dunia.
Disamping
itu, saya memilih untuk tidak hanya melakukan penjualan saja namun juga
melakukan produksi batik dengan maksut dan tujuan selain untuk menekan biaya
pengeluaran, saya juga bermaksut untuk mengajak ibu ibu rumah tangga di
lingkungan sekitar agar memiliki kegiatan yang positif yaitu membatik dan
sekaligus saya dapat mengenalkan lebih dekat tentang batik pekalongan kepada masyarakat
luas khususnya warga Banyumas.
Batik
yang kami pilih adalah batik Pekalongan. Kami memilih untuk memproduksi batik
Pekalongan karena kami sendiri berasal dari Pekalongan dan sudah menjadi
kewajiban kami untuk mengenal dan melestarikan budaya daerah sendiri di mata
khalayak umum selain itu kami juga sudah memiliki beberapa relasi dari kotra
pekalongan yang dapat membantu kami dalam sisi oprasional maupun produksi batik
Pekalongan ini. Kami juga telah memiliki Tim pembatik dari Pekalongan yang siap
kami terjun kan di Purwokerto guna untuk melatih ibu ibu rumah tangga disini
agar menjadi pembatik yang handal yang nantinya akan memproduksi batik Pekalongan
kami.
Toko
batik Pesona Raya ini kami dirikan di Purwokerto dengan berbagai alasan dan
pertimbangan, diantaranya adalah karena kota Purwokerto ini adalah termasuk
kota berkembang yang memiliki banyak peluang usaha diantaranya adalah dalam
bidang Busana atau pakaian, selain itu di Purwokerto juga belum begitu banyak
pemproduksi batik Pekalongan dengan demikian dapat menjadi peluang usaha untuk
kami. Disamping itu, lingkungan mendorong kami untuk memikirkan dan membuka
lapangan kerja, karena di lingkungan sekitar toko kami banyak ibu ibu rumah
tangga dan remaja yang tidak bekerja dan dengan adanya Toko Batik Pesona Raya
ini dapat sedikit mengisi kegiatan sehari hari ibu ibu rumah tangga dan pemuda
pemudi lingkungan sekitar.
Tujuan
jangka panjang kami adalah mendirikan kampung Batik di lingkungan tersebut,
agar budaya batik semakin di kenal masyarakat.
B. ANALISA
DARI TOKO BATIK PESONA RAYA
a. Analisa
Eksternal
i. Aspek
Ekonomi
Jika
di tinjau dari segi ekonomi maka lingkungan tempat didirikannya toko batik ini
merupakan lingkungan masyarakat berekonomi menegah kebawah. Ini tentu saja akan
berpengaruh terhadap daya beli masyarakat sekitar dimana keadaan perekonomian
lingkungan sangat berpengaruh bersar terhadap tingkat daya beli.
ii. Aspek
Sosial
Lingkungan
tempat toko batik Pesona Raya ini berada merupakan lingkungan dimana banyak ibu
ibu yang tidak memiliki pekerjaan dan ada beberapa remaja di daerah tersebut
juga belum memiliki pekerjaan
iii. Aspek
Budaya
Batik
ini merupakan warisan budaya yang patut kita lestarikan keberadaannya.
iv. Aspek
Hukum
Beberapa
instansi instansi negri, sekolah sekolah sampai perguruan tinggi kini sudah
mulai memberlakukan peraturan untuk mengenakan seragam batik di hari jumat. Bahkan
instansi swastapun sudah mulai mengenakan batik pada hari hari tertentu.
b. Analisa
Internal
i. Aspek SDM
SDM yang kami guanakan
adalah SDM handal yang kami datangkan langsung dari Pekalongan dan masyarakat
sekitar yang kami beri pelatihan terlebih dahulu.
ii. Aspek tekhnis dan
tekhnologi
Secara teknis kami
melakukan produksi batik dan kami juga mengambil batik dari Pekalongan.
Kemudian kami jual di Toko secara grosir
dan eceran.
C. SWOT
S : kami memiliki SDM yang handal dimana ini
akan mempengaruhi hasil produksi Batik sehingga kami dapat memberikan kualitas
terbaik pada setiap helai kain batik yang kami produksi
W : sebagian dari tenaga kerja kami adalah ibu
ibu dan remaja lingkungan sekitar yang belum memiliki keahlian khusus di bidang
produksi batik sehingga kami harus memberikan pelatihan terlebih dahulu tentang
cara memproduksi batik yang handal dan berkualitas.
O : batik merupakan budaya yang sudah tidak
asing lagi di dengar oleh masyarakat sehingga kami tidak merasa di repotkan
dengan berbagai pertanyaan ketika melakukan pemasaran. Selain itu, batik juga
sudah di jadi kan seragam di berbagai instansi sehingga memudahkan kami dalam
melakukan pemasaran ke instansi instansi tentu saja selain itu kami juga
mempromosikan batik ke masyarakat sekitar
T :
di purwokerto juga terdapat batik Banyumas yang sudah mewabah di lingkungan
tempat kami mendirikan Toko Batik Pesona Raya sehingga ini akan menjadi daya
saing tersendiri bagi kami dalam melakukan pemasaran karna kami harus benar
benar mengutamakan mutu dari batik yang kami hasilkan.
D. STRATEGI
BISNIS dan ASPEK PASAR
a.
Strategi Bisnis
Pada toko batik
Pesona Raya ini kami menggunakan 3 pokok utama strategi bisnis, yaitu :
Pada kategori ini kami selalu berupaya menjual
produk-produk dengan kualitas premium, dan selalu one step ahead dibanding
produk kompetitor. ciamik. Hal ini juga didukung dengan adanya SDM atau tenaga
kerja handal yang kami miliki serta inovasi inovasi yang selalu kami kembangkan
tiap bulannya demi menciptakan kepuasan pelanggan terhadap Batik yang kami
tawarkan. Sehingga kami selalu mengikuti perkembangan style busana yang
dikenakan para remaja masa kini sehingga batik tidak terkesan monoton dan resmi
saja.
ii.
operational excellence(keunggulan operasional)
Bagi toko kami yang paling utama adalah membangun
proses bisnis yang super efisien. Harapannya, dengan efisiensi proses ini, kami
mampu menekan ongkos produksi, dan ujung-ujungnya bakal mampu menjual produknya
dengan harga yang lebih kompetitif. Sehingga produk batik kami dapat menjangkau
pelanggan seluas mungkin dan tidak terbatas hanya pada kalangan masyarakat yang
berekonomi menengah ke atas saja. Hal ini kami lakukan mengingat lingkungan
tempat Toko Batik Pesona Raya ini di dirikan adalah termasuk dalam lingkungan
masyarakat yang berekonomi menengah kebawah. Sehingga kami juga berupaya untuk
menyesuaikan harga dengan daya beli masyarakat tanpa harus mengalami kerugian
yang berarti.
iii.
customer intimacy (keintiman dengan pelanggan)
Bagi toko kami ini membangun hubungan yang intim
dengan para pelanggannya merupakan aspek yang perlu di perhatikan; dengan
harapan akan tercipta relasi yang langgeng. kami melakoni strategi ini demi
membangun loyalitas para pelangggan. Dengan pelayanan yang maksimal dan
menciptakan suasanya yang nyaman untuk bertransaksi jual beli kami berharap
agar para pelanggan puas dengan apa yang mereka dapatkan dan secara tidak
langsung membangun citra baik untuk Toko Kami ini. Sehingga pelanggan merasa
puas dan tak enggan untuk kembali berbelanja di toko batik kami ini.
b.
Aspek Pemasaaran
Aspek pemasaran merupakan faktor strtegis
atau kunci dari keberhasilan usaha, jika permintaan terhadap produk/ jasa yang
dibuat kurang memadai seluruh kegiatan aspek-aspek yang lain tidak akan
terwujud.
Untuk mengetahui potensi permintaan dan
penawaran terhadap suatu barang atau jasa, kami melakukan penelitian yang
mendalam tentang perkembangan permintaan dan jumlah pemasoknya. Perkembangan
permintaan dapat diduga melalui perubahan pendapatan, selera dan tingkah laku
konsumen dalam membeli barang tersebut.
Berdasarkan analisis pasar yang ada, aspek pemasaran harus
disesuaikan dengan target marketing yang akan kita bidik. Perlu diperhatikan
empat aspek pemasaran yaitu 4 P :
i.
Product
Product yang kami tawarkan adalah busana batik
dari kemeja, celana sampai kaos batik dan pernak pernik dari batik yang
merupakan product kualitas nomer satu produksi dari kota Pekalongan dan
merupakan batik asli Pekalongan yang sudah tidak diragukan lagi kualitasnya.
ii.
Price atau Harga
Harga yang kami tawarkan terbilang relative
murah dan dapat di jangkau oleh kalangan menengah kebawah karna kami
mendatangkan langsung barang barang yang kami jual ini dari pabrik batik nya
yang tentu saja kami mendapatkannya dengan harga yang lebih murah bila di
bandingkan dengan toko toko batik grosir lainnya. Selain itu kami juga
memproduksi sendiri batik batik yang kami pasarkan sehingga dengan demikian
kami dapat menekan harga jual demi mendapatkan harga yang terjangkau tanpa
harus mengurangi kualitas Batik yang kami tawarkan.
iii.
Place atau Tempat
Tempat yang kami pilih terbilang tepat karena dekat dengan pasar
swalayan aneka buana dan dekat dengan kampus-kampus yang cenderung banyak
masyarakat yang berlalu lalang di depan toko kami. Kami memilih tempat ini
karena menurut kami lokasi yang dekat dengan keramaian dan tempat tempat yang
dusah cukup terkenal membuat toko kami mudah di temukan oleh calon konsumen.
iv.
Promosi
Toko kami melakukan promosi dengan media
internet melalui iklan di facebook, twitter, blogger dan jejaring social
lainnya dengan harapan dapat menjangkau pelanggan lebih luas karena sekarang
teknologi bukan merupakan hal yang asing bagi masyarakan umum namun selain itu,
kami juga melakukan promosi melalui iklan di radio local dan penyebaran brosur
di lingkungan sekitar.
E. ANALISA
KELAYAKAN USAHA
Berdasarkan data
yang kami kumpulkan dari penjualan batik selama 5 bulan terakhir ini kami dapat
menganalisa sebagai berikut :
Besar dana
Investasi yang di perlukan untuk mendirikan dan memulai usaha Toko Batik Pesona
Raya ini adalah sebesar Rp 9,970,000 dengan biaya operasional rata rata
perbulan adalah sebesar Rp16,060,000
Pendapatan kotor
yang dapat di peroleh dari Toko Batik Pesona Raya selama 5 bulan adalah sebagai
berikut:
Januari Rp
19,365,000
February Rp 17,975,000
Maret Rp
18,450,000
April Rp
20,880,000
Mei Rp
19,460,000
Total
Pendapatan Kotor Rp 96,130,000
Dengan Laba tiap
bulannya sebagai berikut
Januari Rp 3,305,000
February Rp 1,915,000
Maret Rp 2,390,000
April Rp 4,820,000
Mei Rp 3,400,000
Total
laba Rp 15,830,000
Dalam
melakukan perhitungan untuk mengetahui titik BEPdari Toko Pesona Raya kami
melakukan 2 cara perhitungan yakni dengan pencarian BEP melalui Pendapatan
Kotor dan perhitungan melalui pendapatan bersih. Hal ini kami lakukan demi
mendapatkan hasil yang akurat dan untuk menghindari kesalahan perhitungan yang
tidak di ingin kan. Berikut table perhitungan yang kami peroleh dari analisa
yang kami lakukan
Tabel Perhitungan BEP
|
||
Toko Batik Pesona Raya
|
||
Akumulasi Laba
|
||
Investasi
|
Rp9,970,000
|
|
January
|
||
Biaya Operasional
|
Rp16,060,000
|
|
Pendapatan Kotor
|
Rp19,365,000
|
-Rp6,665,000
|
February
|
||
Biaya Operasional
|
Rp16,060,000
|
|
Pendapatan Kotor
|
Rp17,975,000
|
-Rp4,750,000
|
Maret
|
||
Biaya Operasional
|
Rp16,060,000
|
|
Pendapatan Kotor
|
Rp18,450,000
|
-Rp2,360,000
|
April
|
||
Biaya Operasional
|
Rp16,060,000
|
|
Pendapatan Kotor
|
Rp20,880,000
|
Rp2,460,000
|
Mei
|
||
Biaya Operasional
|
Rp16,060,000
|
|
Pendapatan Kotor
|
Rp19,460,000
|
Rp5,860,000
|
Tabel BEP Pesona Raya
|
||
Berdasarkan Laba Tiap Bulan
|
||
Akumulasi Laba
|
||
INVESTASI
|
Rp9,970,000
|
|
Januari
|
Rp3,305,000
|
-Rp6,665,000
|
February
|
Rp1,915,000
|
-Rp4,750,000
|
Maret
|
Rp2,390,000
|
-Rp2,360,000
|
April
|
Rp4,820,000
|
Rp2,460,000
|
Mei
|
Rp3,400,000
|
Rp5,860,000
|
Berdasarkan kedua table yang kami
peroleh dari perhitungan yang telah kami lakukan maka kami dapat mengambil
kesimpulan bahwa memasuki bulan ke 4 yakni bulan April, toko Batik Pesona Raya
telah mencapai BEP. Untuk keterangan dan data lebih lanjut maka kami juga
lampirkan beberapa data dalam bentuk table, yang diantaranya adalah
1. Table
Investasi dan Biaya Operasional
2. Data
hasil penjualan dari bulan January sampai bulan mei 2012
3. Serta
beberapa contoh gambar batik yang ada di toko Pesona Raya
F. REFERENSI
G. LAMPIRAN
– LAMPIRAN
a. Foto
contoh Batik yang di jual di toko batik Pesona Raya
Batik Kulot
Blus Batik
Kemeja Lengan Panjang
Kemeja Lengan Pendek
Kaos
Batik
- INVESTASI dan Biaya Operasional
RINCIAN INVESTASI DAN BIAYA OPERASIONAL
|
||||||
INVESTASI
|
Biaya Oprasional
|
|||||
No
|
Jenis
|
Akumulasi Biaya
|
No
|
Jenis
|
Akumulasi Biaya
|
|
1
|
Sewa Toko dan tanah (Lahan)
|
Rp7,000,000
|
1
|
Gaji 6 pegawai Pegawai
|
6,000,000.00
|
|
2
|
Etalase
|
Rp500,000
|
2
|
Biaya Produksi
|
5,200,000.00
|
|
3
|
Meja Kasir
|
Rp120,000
|
3
|
Pembelian Barang
|
4,700,000.00
|
|
4
|
Komputer Dekstop
|
Rp1,000,000
|
4
|
Listrik
|
60,000.00
|
|
5
|
Neon Box
|
Rp400,000
|
5
|
Lain lain
|
100,000.00
|
|
6
|
Bakdrop
|
Rp200,000
|
TOTAL
|
16,060,000.00
|
||
7
|
Manequin
|
Rp350,000
|
||||
8
|
Alat produksi
|
Rp100,000
|
||||
9
|
Modem
|
Rp300,000
|
||||
TOTAL INVESTASI
|
Rp9,970,000
|
|||||
- Data Hasil Penjualan
Daftar hasil Penjualan Bulan Januari 2012
|
||||
No
|
Nama Barang
|
Harga Satuan
|
Jumlah terjuan
|
Total
|
1
|
Kemeja laki laki Lengan Panjang
|
Rp90,000
|
5
|
Rp450,000
|
2
|
Kemeja laki laki lengan Pendek
|
Rp45,000
|
7
|
Rp315,000
|
3
|
Kaos satung
|
Rp30,000
|
14
|
Rp420,000
|
4
|
Kaos Daniet
|
Rp35,000
|
14
|
Rp490,000
|
5
|
Celana Pendek
|
Rp20,000
|
15
|
Rp300,000
|
6
|
Celana Panjang
|
Rp25,000
|
14
|
Rp350,000
|
7
|
Kemeja Cewek
|
Rp35,000
|
21
|
Rp735,000
|
8
|
Kaos cewek
|
Rp30,000
|
25
|
Rp750,000
|
9
|
Blus Cew
|
Rp40,000
|
18
|
Rp720,000
|
10
|
Daster
|
Rp30,000
|
13
|
Rp390,000
|
11
|
Dress
|
Rp70,000
|
12
|
Rp840,000
|
12
|
Rok
|
Rp45,000
|
13
|
Rp585,000
|
13
|
Cardigan
|
Rp30,000
|
21
|
Rp630,000
|
14
|
Gamis
|
Rp80,000
|
1
|
Rp80,000
|
15
|
Mukena
|
Rp100,000
|
8
|
Rp800,000
|
16
|
Sarung
|
Rp70,000
|
24
|
Rp1,680,000
|
17
|
Sepatu Batik
|
Rp80,000
|
27
|
Rp2,160,000
|
18
|
Sendal Batik
|
Rp10,000
|
38
|
Rp380,000
|
19
|
Accecoris
|
Rp10,000
|
25
|
Rp250,000
|
20
|
Topi Batik
|
Rp40,000
|
14
|
Rp560,000
|
21
|
Tas ransel
|
Rp70,000
|
25
|
Rp1,750,000
|
22
|
Tas kecil
|
Rp30,000
|
14
|
Rp420,000
|
23
|
Dompet Batik
|
Rp20,000
|
15
|
Rp300,000
|
24
|
Sarung HP
|
Rp30,000
|
10
|
Rp300,000
|
25
|
Tas leptop
|
Rp50,000
|
31
|
Rp1,550,000
|
26
|
Kerudung
|
Rp30,000
|
72
|
Rp2,160,000
|
TOTAL
|
Rp19,365,000
|
Daftar hasil Penjualan Bulan February 2012
|
||||
No
|
Nama Barang
|
Harga Satuan
|
Jumlah terjuan
|
Total
|
1
|
Kemeja laki laki Lengan Panjang
|
Rp90,000
|
6
|
Rp540,000
|
2
|
Kemeja laki laki lengan Pendek
|
Rp45,000
|
4
|
Rp180,000
|
3
|
Kaos satung
|
Rp30,000
|
12
|
Rp360,000
|
4
|
Kaos Daniet
|
Rp35,000
|
13
|
Rp455,000
|
5
|
Celana Pendek
|
Rp20,000
|
14
|
Rp280,000
|
6
|
Celana Panjang
|
Rp25,000
|
16
|
Rp400,000
|
7
|
Kemeja Cewek
|
Rp35,000
|
20
|
Rp700,000
|
8
|
Kaos cewek
|
Rp30,000
|
23
|
Rp690,000
|
9
|
Blus Cew
|
Rp40,000
|
15
|
Rp600,000
|
10
|
Daster
|
Rp30,000
|
12
|
Rp360,000
|
11
|
Dress
|
Rp70,000
|
14
|
Rp980,000
|
12
|
Rok
|
Rp45,000
|
12
|
Rp540,000
|
13
|
Cardigan
|
Rp30,000
|
20
|
Rp600,000
|
14
|
Gamis
|
Rp80,000
|
3
|
Rp240,000
|
15
|
Mukena
|
Rp100,000
|
3
|
Rp300,000
|
16
|
Sarung
|
Rp70,000
|
26
|
Rp1,820,000
|
17
|
Sepatu Batik
|
Rp80,000
|
23
|
Rp1,840,000
|
18
|
Sendal Batik
|
Rp10,000
|
29
|
Rp290,000
|
19
|
Accecoris
|
Rp10,000
|
21
|
Rp210,000
|
20
|
Topi Batik
|
Rp40,000
|
12
|
Rp480,000
|
21
|
Tas ransel
|
Rp70,000
|
21
|
Rp1,470,000
|
22
|
Tas kecil
|
Rp30,000
|
12
|
Rp360,000
|
23
|
Dompet Batik
|
Rp20,000
|
13
|
Rp260,000
|
24
|
Sarung HP
|
Rp30,000
|
8
|
Rp240,000
|
25
|
Tas leptop
|
Rp50,000
|
27
|
Rp1,350,000
|
26
|
Kerudung
|
Rp30,000
|
81
|
Rp2,430,000
|
TOTAL
|
Rp17,975,000
|
Daftar hasil Penjualan Bulan Maret 2012
|
||||
No
|
Nama Barang
|
Harga Satuan
|
Jumlah terjuan
|
Total
|
1
|
Kemeja laki laki Lengan Panjang
|
Rp90,000
|
5
|
Rp450,000
|
2
|
Kemeja laki laki lengan Pendek
|
Rp45,000
|
8
|
Rp360,000
|
3
|
Kaos satung
|
Rp30,000
|
13
|
Rp390,000
|
4
|
Kaos Daniet
|
Rp35,000
|
15
|
Rp525,000
|
5
|
Celana Pendek
|
Rp20,000
|
13
|
Rp260,000
|
6
|
Celana Panjang
|
Rp25,000
|
17
|
Rp425,000
|
7
|
Kemeja Cewek
|
Rp35,000
|
21
|
Rp735,000
|
8
|
Kaos cewek
|
Rp30,000
|
21
|
Rp630,000
|
9
|
Blus Cew
|
Rp40,000
|
20
|
Rp800,000
|
10
|
Daster
|
Rp30,000
|
13
|
Rp390,000
|
11
|
Dress
|
Rp70,000
|
14
|
Rp980,000
|
12
|
Rok
|
Rp45,000
|
15
|
Rp675,000
|
13
|
Cardigan
|
Rp30,000
|
21
|
Rp630,000
|
14
|
Gamis
|
Rp80,000
|
5
|
Rp400,000
|
15
|
Mukena
|
Rp100,000
|
7
|
Rp700,000
|
16
|
Sarung
|
Rp70,000
|
21
|
Rp1,470,000
|
17
|
Sepatu Batik
|
Rp80,000
|
27
|
Rp2,160,000
|
18
|
Sendal Batik
|
Rp10,000
|
25
|
Rp250,000
|
19
|
Accecoris
|
Rp10,000
|
23
|
Rp230,000
|
20
|
Topi Batik
|
Rp40,000
|
14
|
Rp560,000
|
21
|
Tas ransel
|
Rp70,000
|
23
|
Rp1,610,000
|
22
|
Tas kecil
|
Rp30,000
|
21
|
Rp630,000
|
23
|
Dompet Batik
|
Rp20,000
|
1
|
Rp20,000
|
24
|
Sarung HP
|
Rp30,000
|
2
|
Rp60,000
|
25
|
Tas leptop
|
Rp50,000
|
13
|
Rp650,000
|
26
|
Kerudung
|
Rp30,000
|
82
|
Rp2,460,000
|
TOTAL
|
Rp18,450,000
|
Daftar hasil Penjualan Bulan April 2012
|
||||
No
|
Nama Barang
|
Harga Satuan
|
Jumlah terjuan
|
Total
|
1
|
Kemeja laki laki Lengan Panjang
|
Rp90,000
|
6
|
Rp540,000
|
2
|
Kemeja laki laki lengan Pendek
|
Rp45,000
|
9
|
Rp405,000
|
3
|
Kaos satung
|
Rp30,000
|
14
|
Rp420,000
|
4
|
Kaos Daniet
|
Rp35,000
|
12
|
Rp420,000
|
5
|
Celana Pendek
|
Rp20,000
|
21
|
Rp420,000
|
6
|
Celana Panjang
|
Rp25,000
|
13
|
Rp325,000
|
7
|
Kemeja Cewek
|
Rp35,000
|
21
|
Rp735,000
|
8
|
Kaos cewek
|
Rp30,000
|
23
|
Rp690,000
|
9
|
Blus Cew
|
Rp40,000
|
21
|
Rp840,000
|
10
|
Daster
|
Rp30,000
|
14
|
Rp420,000
|
11
|
Dress
|
Rp70,000
|
21
|
Rp1,470,000
|
12
|
Rok
|
Rp45,000
|
21
|
Rp945,000
|
13
|
Cardigan
|
Rp30,000
|
24
|
Rp720,000
|
14
|
Gamis
|
Rp80,000
|
35
|
Rp2,800,000
|
15
|
Mukena
|
Rp100,000
|
2
|
Rp200,000
|
16
|
sarung
|
Rp70,000
|
23
|
Rp1,610,000
|
17
|
Sepatu Batik
|
Rp80,000
|
5
|
Rp400,000
|
18
|
Sendal Batik
|
Rp10,000
|
22
|
Rp220,000
|
19
|
Accecoris
|
Rp10,000
|
3
|
Rp30,000
|
20
|
Topi Batik
|
Rp40,000
|
12
|
Rp480,000
|
21
|
Tas ransel
|
Rp70,000
|
67
|
Rp4,690,000
|
22
|
Tas kecil
|
Rp30,000
|
12
|
Rp360,000
|
23
|
Dompet Batik
|
Rp20,000
|
9
|
Rp180,000
|
24
|
Sarung HP
|
Rp30,000
|
12
|
Rp360,000
|
25
|
Tas leptop
|
Rp50,000
|
21
|
Rp1,050,000
|
26
|
Kerudung
|
Rp30,000
|
5
|
Rp150,000
|
TOTAL
|
Rp20,880,000
|
Daftar hasil Penjualan Bulan Mei 2012
|
||||
No
|
Nama Barang
|
Harga Satuan
|
Jumlah terjuan
|
Total
|
1
|
Kemeja laki laki Lengan Panjang
|
Rp90,000
|
5
|
Rp450,000
|
2
|
Kemeja laki laki lengan Pendek
|
Rp45,000
|
7
|
Rp315,000
|
3
|
Kaos satung
|
Rp30,000
|
12
|
Rp360,000
|
4
|
Kaos Daniet
|
Rp35,000
|
3
|
Rp105,000
|
5
|
Celana Pendek
|
Rp20,000
|
35
|
Rp700,000
|
6
|
Celana Panjang
|
Rp25,000
|
17
|
Rp425,000
|
7
|
Kemeja Cewek
|
Rp35,000
|
14
|
Rp490,000
|
8
|
Kaos cewek
|
Rp30,000
|
45
|
Rp1,350,000
|
9
|
Blus Cew
|
Rp40,000
|
21
|
Rp840,000
|
10
|
Daster
|
Rp30,000
|
35
|
Rp1,050,000
|
11
|
Dress
|
Rp70,000
|
3
|
Rp210,000
|
12
|
Rok
|
Rp45,000
|
11
|
Rp495,000
|
13
|
Cardigan
|
Rp30,000
|
23
|
Rp690,000
|
14
|
Gamis
|
Rp80,000
|
11
|
Rp880,000
|
15
|
Mukena
|
Rp100,000
|
32
|
Rp3,200,000
|
16
|
sarung
|
Rp70,000
|
17
|
Rp1,190,000
|
17
|
Sepatu Batik
|
Rp80,000
|
33
|
Rp2,640,000
|
18
|
Sendal Batik
|
Rp10,000
|
41
|
Rp410,000
|
19
|
Accecoris
|
Rp10,000
|
21
|
Rp210,000
|
20
|
Topi Batik
|
Rp40,000
|
7
|
Rp280,000
|
21
|
Tas ransel
|
Rp70,000
|
9
|
Rp630,000
|
22
|
Tas kecil
|
Rp30,000
|
15
|
Rp450,000
|
23
|
Dompet Batik
|
Rp20,000
|
10
|
Rp200,000
|
24
|
Sarung HP
|
Rp30,000
|
19
|
Rp570,000
|
25
|
Tas leptop
|
Rp50,000
|
21
|
Rp1,050,000
|
26
|
Kerudung
|
Rp30,000
|
9
|
Rp270,000
|
TOTAL
|
Rp19,460,000
|
- Rekap Data Keuangan
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
semoga bermanfaat
BACA >> SEKILAS DARI ADMIN
Silahkan Tinggalkan Komentar tentang artikel ini
Comments for blogger! brought to you by Dunia Pendidikan , Ingin Kotak Komentar seperti ini? KLIK DISINI!?
0 Tanggapan:
Post a Comment